Pembelajaran Mendalam: Menyentuh Esensi Belajar Anak Usia Dini
Dalam berbagai pelatihan dan pendampingan, saya kerap menekankan bahwa pembelajaran mendalam bukan tentang mempercepat anak bisa membaca atau berhitung, melainkan membantu anak:
Saya sering mengajak guru-guru untuk tidak sekadar menyusun RPP atau modul ajar, tetapi merancang “pengalaman belajar” yang memahami, mengaplikasikan dan merefleksi.
Mendampingi Guru-Guru TK: Dari Keraguan Menuju Keyakinan
Dalam berbagai pelatihan dan pendampingan yang saya lakukan di sekolah maupun melalui komunitas belajar, saya banyak menjumpai guru yang awalnya ragu “ bagaimana bisa mengajar tanpa lembar kerja” atau bagaimana bila tujuan pembelajaran tidak tercapai ?”
Pertanyaan-pertanyaan ini sangat wajar, mengingat pergeseran kurikulum mengharuskan perubahan cara pikir dan kebiasaan.
Namun, ketika guru diberi ruang untuk berdiskusi, mencoba praktik, dan merefleksikan pengalamannya, perubahan mulai terlihat. Salah satu sekolah yang saya dampingi mengadakan proyek “Kebun Sekolah” bersama anak-anak. Dari kegiatan sederhana ini, anak belajar tentang alam, kerja sama, rasa tanggung jawab, hingga mengenal proses tumbuh tanaman, semua terjadi secara alami dan menyenangkan.
Guru-guru yang awalnya khawatir, mulai berkata, “Ternyata anak bisa belajar banyak tanpa harus duduk diam.”
Peran Narasumber: Menjadi Teman Belajar, Bukan Pengarah
Peran saya sebagai narasumber bukan sekadar menyampaikan materi. Saya lebih banyak menjadi fasilitator diskusi, memberikan contoh praktik baik, dan mendampingi guru menyusun rencana kegiatan belajar berbasis minat anak. Kami banyak berdiskusi tentang:
Saya juga menginisiasi terbentuknya komunitas belajar antar guru TK di beberapa wilayah sebagai wadah berbagi inspirasi dan praktik baik.
Menutup dengan Harapan
Guru TK adalah pilar utama dalam mewujudkan pembelajaran bermakna bagi anak usia dini. Sebagai guru TK dan narasumber, saya percaya bahwa pendidikan anak usia dini adalah pondasi dari semua jenjang pendidikan. Semakin dalam dan bermakna pengalaman belajar anak sejak dini, semakin kuat fondasi kecakapan hidupnya di masa depan. Maka dari itu, saya mengajak seluruh guru TK untuk tidak takut berubah. Mari jadikan pembelajaran mendalam sebagai cara kita menghadirkan proses pembelajaran yang menyenangkan, relevan, dan berdampak. Peran narasumber pembelajaran mendalam sangat penting dalam memberdayakan guru agar mampu melaksanakan kurikulum dengan tepat, kreatif, dan berpihak pada anak. saya hadir bukan sebagai pengarah, tapi sebagai teman belajar yang menguatkan para guru dalam menjalani peran mulianya. Dengan dukungan yang berkelanjutan, kita dapat memastikan bahwa setiap anak mendapatkan pengalaman belajar yang berkesadaran, bermakna dan menyenangkan sejak usia dini. Karena sejatinya, pembelajaran mendalam bukan hanya untuk anak tetapi juga untuk kita, para pendidik.
Tulis Komentar
Komentar Terbaru
Artikel ini sangat inspiratif dan relevan dengan kebutuhan pendidikan masa kini, khususnya dalam konteks PAUD. Pendekatan pembelajaran mendalam yang diusung tidak hanya memperkaya pengalaman belajar anak, tetapi juga mendorong guru TK untuk mengambil peran aktif sebagai pengembang budaya belajar. Hal ini sejalan dengan tantangan zaman, di mana guru dituntut bukan hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai fasilitator dan inovator pembelajaran. Semoga lebih banyak pelatihan dan dukungan diberikan kepada guru agar mereka mampu mengimplementasikan kurikulum ini secara efektif di lapangan. Thank you Ms. Ressy
Sukses selalu Ms Ressy, tetap semangat menyebarkan ilmu..
Terima kasih ms ressy atas dedikasi dan bimbingannya kepada kami, semoga terus bisa menginspirasi kpd guru-guru PAUD
Materi yang disampaikan sangat menginspirasi dan bermanfaat terutama bagi para pendidik (PAUD). Terimakasih Ms. Ressy
Sangat menginspirasi Ms Ressy. Materi yang di sampaikan bisa menjadi inspirasi bagi guru-guru untuk mengembangkan dan lebih berani "mengekplorasi" kemampuan mengajar.
Sangat menginspirasi dan materi yang diberikan sangat bermanfaat????????
Materi yang disampaikan sangat menginspirasi terutama bagi guru PAUD. Terimakasih ms Ressy
Sangat menginspirasi Para Guru????????, materi yang di sampaikan sangat bermanfaat, Semangat terus untuk guru indonesia????????
Terimakasih miss ressy atas materi yg telah disampaikan sangat bermanfaat terutama bagi para pendidik (Paud)
Kita akan selalu saling membutuhkan satu sama lain. Ada yang memberi manfaat ada menerima manfaat. Belajar dan mengajar itu keren.
materi yang di sampaikan sangat bermanfaat dan menginspirasi, keren miss ressy?
Menginsiprasi Guru guru RA wajib selalu mau belajar dan menerima perubahan perubahan sesuai zamannya...IGRA Sumsel
baik terima kasih
Menginspirasi sekali, materi pembelajaran mendalam harus dipelajari dan diterapkan di satuan pendidikan anak usia dini. Terima kasih penulis, Ms. Ressy
Saya setuju bahwa menjadi seorang guru, berarti harus berani untuk bisa menerima segala bentuk perubahan, agar kita tidak tertinggal. Sehingga kita dapat mengoptimalkan semua potensi yang ada pada semua peserta didik.
Sangat menginspirasi, Pembelajaran mendalam dapat dilakukan dengan berbagai cara yang menyenangkan dan interaktif, semangat bagi para pendidik untuk selalu berani meningkatkan kemampuan dan berkembang sesuai zaman
Tulisan yang saya baca ini sangat menginspirasi sekali. Ternyata memang dengan pembelajaran mendalam dapat membantu anak dalam menumbuhkan kreativitas anak sekaligus menumbuhkan rasa ingin tahu yang lebih lagi.
Materi yang sangat baik dan informatif sebagai pedoman guru guru PAUD khususnya