Pelatihan Guru TK: Membangun Manajemen Kelas yang Efektif melalui Disiplin Positif

Oleh: Ressy Riezki Chairani, S.Pd, M.Pd (Narasumber, Guru TK Paramount)

            Pelatihan ini berfokus pada dua pilar utama dalam pendidikan anak usia dini yaitu manajemen kelas yang efektif dan disiplin positif. Dalam sesi ini, peserta diajak untuk mendalami berbagai teknik pengelolaan kelas yang berpusat pada anak, termasuk penataan ruang belajar, rutinitas harian, dan transisi antar kegiatan. Lebih lanjut, pelatihan ini secara khusus membahas pendekatan disiplin positif, sebuah metode yang menekankan pada pembentukan karakter, tanggung jawab, dan keterampilan sosial-emosional anak, bukan sekadar pemberian hukuman. Peserta belajar bagaimana mengidentifikasi akar masalah perilaku anak, memberikan konsekuensi logis yang mendidik, serta mendorong kemandirian dan rasa hormat pada diri sendiri dan orang lain. Materi disajikan secara interaktif melalui diskusi, studi kasus, dan simulasi, memungkinkan para guru untuk langsung mempraktikkan konsep yang dipelajari.

Pelatihan ini dihadiri oleh seluruh guru TK CKB sejumlah 25 orang yang memiliki semangat tinggi untuk terus meningkatkan kompetensi profesional mereka. Saya sendiri, sebagai narasumber, mendapat kehormatan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola kelas dengan cara yang menyenangkan namun tetap terstruktur. Para peserta sangat antusias mengikuti sesi demi sesi, dan bahkan turut aktif dalam diskusi dan praktik langsung. Kehadiran saya sebagai sesama pendidik memungkinkan diskusi berjalan dua arah, menciptakan suasana yang kolaboratif dan suportif di antara para peserta.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan secara luring pada Selasa, 8 Juli 2025 pukul 08.00 – 12.00 WIB di Aula TK CKB Jl Demang No 7 ini berlangsung sangat interaktif dan praktis. Sesi dimulai dengan pemaparan konsep dasar manajemen kelas dan disiplin positif, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang aktif. Para peserta kemudian dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil untuk berdiskusi dan memecahkan studi kasus yang relevan dengan tantangan sehari-hari di kelas. Saya juga membimbing para guru dalam simulasi peran, di mana mereka dapat mempraktikkan cara merespons berbagai perilaku anak menggunakan prinsip disiplin positif.. Selain itu, pelatihan juga menekankan pada pentingnya refleksi diri bagi para guru, mendorong mereka untuk menganalisis gaya mengajar mereka sendiri dan mengidentifikasi area yang dapat ditingkatkan. Output dari pelatihan ini diharapkan bukan hanya pemahaman teori, tetapi juga perubahan nyata dalam praktik pengajaran di kelas, yang pada akhirnya akan menciptakan lingkungan belajar yang lebih harmonis dan produktif bagi seluruh anak didik.

Kami berharap, dengan adanya pelatihan ini, para guru TK CKB semakin percaya diri dan terampil dalam mengelola kelas serta menanamkan nilai-nilai positif pada anak-anak, sehingga setiap anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dalam suasana yang penuh cinta dan pengertian.

Tulis Komentar

Komentar Terbaru

Rinaldo Alimin User
09 Jul 2025, 12:31

Keren sekali Guru Paramount