Evaluasi Diri Menjadi Pendidik yang Lebih Baik

Oleh: Fitri Dwi Ratnasari, S.Pd

Dalam suatu proses pembelajaran tentunya tidak selalu berjalan dengan baik atau sesuai rencana dari pendidik/guru, keinginan guru dalam pembelajaran dan pelaksanaan di kelas kadang kala berbeda. Banyak tantangan yang tentunya akan ditemukan setelah pelaksanaan di kelas, saya selaku guru yang mengampu mata pelajaran bidang IPA tentu saja menemukan beberapa tantangan yang wajib saya pelajari dan perbaiki untuk pembelajaran ke depannya. Adapun tantangan yang saya temukan selama proses pembelajaran yang telah berlangsung adalah menyampaikan materi dengan bahasa dan metode yang sederhana agar peserta didik memahami materi dan tujuan pembelajaran dengan baik, memberikan arahan dan penjelasan lebih lanjut untuk peserta didik yang masih memiliki hasil belajar yang kurang maksimal sedangkan waktu pembelajaran yang terbatas, menumbuhkan minat belajar atau kesadaran dari diri masing – masing peserta didik untuk dapat belajar secara mandiri tanpa harus di perintah, memotivasi peserta didik untuk tidak menyerah terutama pada bidang fisika dan kimia yang sering dianggap peserta didik sulit dan mengubah sikap dan kebiasaan buruk dari peserta didik terutama kebiasaan buruk pada proses pembelajaran (diantaranya sering terlambat, tidak disiplin berpakaian dan sering tidak masuk kelas).

Proses pembelajaran tentunya juga memiliki banyak hal yang menarik yang telah dilalui dalam kelas, saya pribadi beberapa hal menarik yang telah saya alami selama mengajar diantaranya adalah melihat peserta didik antusias dalam menerima materi yang saya sampaikan, menilai hasil peserta didik yang rata-rata tuntas terhadap tujuan pembelajaran yang telah dilaksanakan, dan melihat perubahan yang lebih baik dari peserta didik baik dalam pembelajaran maupun perubahan dalam sikap peserta didik. Tentu harus adanya inovasi untuk mencapai perubahan dalam proses pembelajaran, adapun inovasi yang telah saya lakukan dalam proses pembelajaran yang telah terlaksana adalah mengubah metode pembelajaran yang sesuai agar materi pembelajaran dapat tersampaikan, diterima dan dipahami dengan baik oleh peserta didik. Belajar mengenai proses penerapan pembelajaran berdiferensiasi agar diterapkan di kelas, dan memanfaatkan teknologi dalam suatu proses pembelajaran contohnya memanfaatkan canva, live worksheet, pHet dll agar materi IPA yang menurut sebagian peserta didik adalah materi yang sulit dapat lebih mudah di pahami.

Banyak perubahan baik dari diri sendiri maupun peserta didik yang dapat diamati dari adanya penerapan inovasi yang telah dilaksanakan diantaranya adalah beberapa peserta didik mengalami peningkatan minat belajar setelah menggunakan teknologi yang unik dan belum mereka temui contohnya penggunaan aplikasi pHet Corolado untuk pembelajaran Fisika dan Kimia sehingga lebih mudah untuk mereka pahami. Penggunaan aplikasi ini tentunya mempermudah saya sebagai guru untuk menyampaikan materi. Menggunakan pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran Ipa bidang Biologi yang dimana siswa dapat memahami materi berdasarkan kemampuan mereka yang berbeda – beda, peserta didik dapat memahami perkembangbiakan tumbuhan dan contohnya dari berbagai cara tergantung dari cara belajarnya yaitu ada yang dengan diberikan LKPD untuk dibaca, diputarkan video yang berkaitan dan disajikan contoh tumbuhannya yang dapat mereka sentuh dan amati secara jelas. Metode ini ternyata cukup efektif untuk menumbuhkan minat belajar siswa dan pemahaman yang lebih rinci sesuai gaya belajar mereka.

Semester ini hampir selesai dilaksanakan, banyaknya kekurangan akan menjadi evaluasi untuk ke depannya. Tentu saja ada hal baru yang telah direncenakan untuk tahun depan, diantaranya memperbanyak metode pembelajaran secara praktik dan menggunakan lebih banyak lagi aplikasi berbasis teknologi untuk menunjang pembelajaran agar lebih menarik dan inovatif terutama untuk meningkatkan minat belajar siswa. Dan harapan untuk kedepannya tentunya untuk SMP Paramount sendiri yang dimana merupakan rumah kedua bagi saya, semoga kedepannya jumlah siswa lebih banyak, banyak nya prestasi baik dibidang akademik maupun non akedemik yang berhasil di raih siswa, dan mencetak generasi yang berakhlak, beradab dan berilmu. Untuk diri saya sendiri, harapan kedepannya adalah menjadi pendidik yang terus belajar menjadi lebih baik lagi, mendapatkan prestasi untuk diri sendiri maupun sekolah, terus maju dan berkembang dalam memperbaiki segala kekurangan untuk menjadi tauladan bagi peserta didik maupun rekan sejawat.

Tulis Komentar

Komentar Terbaru

Belum ada komentar.