REFLEKSI SENI RUPA MENUMBUHKAN SEMANGAT DAN PERCAYA DIRI BERKREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA

Oleh: Deni Kurniawan

Seni rupa merupakan salah satu Pelajaran yang tidak hanya membutuhkan bakat, tapi juga skill dan keterampilan. Bahkan banyak diantara siswa yang pesimis dengan kemampuan yang dimiliki Ketika dihadapkan dengan Pelajaran seni rupa, terutama dibidang melukis. Pada dasarnya pembelajaran seni rupa tidak hanya tentang melukis, namun juga banyak hal yang dapat dilakukan seperti berkreasi keterampilan, ataupun dibidang pengolahan. Dan yang menjadi tantangan saya dalam mengajar senirupa  di SMP Paramount adalah, bagaimana mengubah minset anak yang tadi merasa tidak yakin menjadi yakin, yang tidak bisa menjadi bisa. Bagaimana meningkatkan kemampuan mereka, menumbuhkan rasa percaya diri mereka, menghilangkan rasa takut atau rasa ragu mereka. Karena Pelajaran seni rupa sendiri erat kaitannya dengan mengolah kemampuan atau skill, dan diantara yang memilih seni rupa tidak seluruhnya adalah yang memiliki skill senirupa. Hal lain yang menjadi tantangan saya adalah bagaimana menghadirkan hal baru yang mungkin dalam hidup mereka belum pernah mereka lakukan, seperti memasak, yang tujuannya untuk menambahkan pengetahuan dan pengalaman mereka dengan menyatukan keinginan mereka.

Dari berbagai proses pembelajaran yang dijalani, tentunya dalam mengajar anak SMP banyak hal  menarik yang bisa saya jumpai, melihat rasa ingin tahu mereka yang muncul saat melakukan kegiatan, yang awalnya ragu menjadi berani, keinginan mencoba dan melakukan sesuatu yang menurut mereka baru dan menarik, melihat rasa percaya diri yang muncul dan keinginan terus mencoba dan mencoba membuat semangat mengajari mereka semakin bertambah.

Melihat perkembangan pembelajaran beberapa tahun kebelakang, dan melihat beberapa hasil pembelajaran yang menurut saya kurang memuaskan, membuat saya berfikir bagaimana cara meningkatkan semangat belajar anak, berbagai cara dilakukan agar siswa dapat lebih fokus dalam belajar. Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan semangat siswa dalam belajar, mulai komunikasi yang cukup dengan siswa, pendekatan hingga melakukan kegiatan – kegiatan yang bisa memacu semangat belajar siswa. sampai akhirnya saya menemukan metode yang cocok untuk untuk meningkatkan kualitas belajar siswa.

Dengan komunikasi yang cukup, pendekatan kesiswa, serta perencanaan kegiatan yang menarik siswa. Siswa lebih semangat dan aktif dalam mengerjakan tugas serta meningkatkan rasa ingin tahu siswa dari tugas yang diberikan. dan memudahkan saya dalam mengajar dan menyampaikan materi yang saya berikan.  Dan hal yang paling menarik adalah rasa takut dan ragu mereka bisa teratasi dan Ketika melihat hasil ujian dari materi yang saya berikan hasilnya meningkat dan lebih memuaskan.

Untuk rencana kedepannya, ditahun ajaran baru, saya akan mengembangkan pembelajaran yang lebih interaktif, menarik minat siswa, lebih mencari tahu pembejaran yang bagaimana yang mereka inginkan di pembelajaran seni rupa. Dengan harapan mampu meningkatkan semagat belajar terutama dalam kegiatan praktek. Saya berharap SMP Paramount dapat melahirkan siswa yang aktif, kreatif, pantang menyerah, optimis dan mandiri, tidak hanya dibidang akademik tetapi juga non akademik.

 

 

Tulis Komentar

Komentar Terbaru

Belum ada komentar.