Dalam rangka menumbuhkan jiwa kewirausahaan sejak dini, SD Paramount melaksanakan proyek kokurikuler bertajuk “Sekolahku, Tempat Belajar Jadi Wirausaha Muda” untuk siswa fase B (kelas III–IV). Proyek ini dirancang untuk menanamkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila sekaligus mengembangkan keterampilan abad ke-21 yang relevan dengan kehidupan nyata. Melalui kegiatan ini, siswa diajak untuk mengenal dasar-dasar wirausaha yang baik, menumbuhkan sikap jujur, tanggung jawab, disiplin, dan kerja sama, serta membangun kreativitas dalam berpikir dan bertindak. Nilai-nilai tersebut menjadi pondasi penting bagi pembentukan karakter pelajar yang tangguh dan berintegritas.
.jpg)
Proyek ini diintegrasikan dengan berbagai mata pelajaran, antara lain Pendidikan Agama, Matematika, dan Bahasa Inggris. Pendekatan pembelajaran yang digunakan bersifat menyenangkan, kontekstual, dan kreatif, sehingga memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa .Dalam proses kegiatan, siswa terlibat aktif dalam simulasi minimarket kelas. Mereka belajar mulai dari pengenalan uang dan perhitungan sederhana, merancang produk mini buatan sendiri, membuat label harga, berlatih percakapan jual beli dalam Bahasa Inggris, hingga mengelola keuangan dasar. Melalui kegiatan tersebut, siswa tidak hanya belajar berhitung dan berbahasa, tetapi juga mengasah kemampuan sosial dan spiritual seperti religiusitas, gotong royong, dan kepedulian terhadap sesama.

Setiap langkah dalam proyek ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara langsung dari pengalaman nyata. Mereka memahami bahwa menjadi wirausaha bukan hanya tentang menjual produk, tetapi juga tentang membangun karakter yang baik, menghargai proses, dan bekerja sama dengan orang lain. Dengan pelaksanaan yang terencana dan menyenangkan, proyek kokurikuler ini diharapkan dapat memberikan bekal awal bagi siswa untuk menjadi wirausaha muda yang berkarakter. Melalui kegiatan “Sekolahku, Tempat Belajar Jadi Wirausaha Muda,” SD Paramount berkomitmen menumbuhkan generasi yang unggul, jujur, kreatif, dan siap menghadapi tantangan masa depan dengan semangat pantang menyerah dan berjiwa Pancasila. Guru-guru yang terlibat dalam Fase B ini adalah Ulfa Khoiriah, S.Pd., Pdt.Tarigan, S.Th., Dessy Anggraini,S.Pd.,Gr., Lestarina Sitompul, S.Pd.,Gr., Pebrika Utama, S.Pd., Gr dan Sapril. S.S.,S.Pd.,M.Pd.
.jpg)
Proyek pada kegiatan kokurikuler di SD Paramount pada fase B kelas III - IV dengan judul projek “Sekolahku, Tempat Belajar jadi Wirausaha Muda” dirancang untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa sejak dini dengan berlandaskan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila. Melalui kegiatan ini, siswa diajak untuk mengenal dasar-dasar wirausaha yang baik, menumbukan sikap jujur, bertanggung jawab, dan bekerja sama. Selain itu, proyek ini juga menanamkan nilai disiplin dan kreativitas yang sangat penting dalam menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari. Proyek ini terintegrasi dengan berbagai mata pelajaran seperti Pendidikan Agama, Matematika dan Bahasa Inggris. Pendekatan yang digunakan bersifat menyenangkan dan kreatif sehingga mendukung terciptanya pengalaman belajar yang mendalam. Dalam proses kegiatan berlangsung, siswa akan terlibat secara langsung dalam kegiatan simulasi minimarket kelas, mulai dari pengenalan uang, merancang produk sederhana, membuat label harga, berlatih percakapan jual beli, hingga mempraktikkan manajemen keuangan dasar. Dalam proses tersebut, siswa tidak hanya belajar berhitung dan berbahasa, tetapi juga mengembangkan sikap religius, gotong royong, dan kepedulian sosial. Dengan cara ini, pembelajaran menjadi lebih bermakna karena dihubungkan langsung dengan kehidupan nyata. Dengan pelaksanaan yang terstruktur, kegiatan kokurikuler ini diharapkan tidak hanya memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan tetapi mengajarkan siswa sejak dini berwirausaha. Sehingga melalu proyek ini, diharapkan lahir generasi pelajar yang berkarakter, unggul, jujur, kreatif, serta siap menjadi calon wirausaha muda yang mampu menghadapi tantangan di masa depan.











Tulis Komentar
Komentar Terbaru
Belum ada komentar.